Kolom

Mindset : Luruskan Niat Pada Saat Berjualan

Spread the love

Apakah Anda adalah orang yang ingin memulai usaha atau bisnis? Masih bingung mengenai hal apa yang diperlukan untuk mengawali bisnis? Tenang saja, bukan hanya Anda yang mengalami permasalahan seperti itu. Ada banyak sekali orang yang mengawali hal yang sama ketika ingin memulai sebuah bisnis. Hal paling mendasar dan pertama kali harus dibangun dalam sebuah bisnis adalah niat. Tanpa niat yang kuat, maka bisnis akan sangat sulit berkembang atau bahkan cenderung berpeluang besar gulung tukar.

Contoh Pengaruh Niat Dalam Memulai Bisnis

Mungkin banyak yang beranggapan niat tidak diperlukan dalam berbisnis karena yang penting adalah hasil. Niat merupakan sebuah hal yang memotivasi kita dalam menjalankan bisnis. Dengan niat yang lurus, maka bisnis juga akan berjalan dengan lancar seperti yang dikehendaki. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya pengusaha yang berhasil mulai dari nol karena niatnya yang lurus dan serius.

Ada beberapa mindset yang salah dalam berjualan akibat dari salahnya niat. Sebagai contoh dari kasus tersebut antara lain:

  • Mindset tidak bisa berjualan saat barang dagangan tidak laku. Ini adalah mindset yang disebabkan karena niat dari bisnis yang dijalankan hanya ingin barang laku saja, mendapatkan nilai keuntungan paling besar, dan seterusnya.
  • Mindset tidak bisa menawarkan produk pada konsumen. Ini sering terjadi pada para affiliate marketer yang gagal memenuhi target. Hal ini juga terjadi karena niat yang dimiliki hanya menginginkan komisi besar dari penjualan banyak barang.
  • Mindset tidak bisa mengoperasikan komputer. Ini diakibatkan karena niatnya sendiri yang mengondisikan hal tersebut terjadi. Baru sedikit belajar komputer langsung menyerah karena kesulitan yang dihadapi.

Jika mindset tersebut ada di benak Anda, maka hal yang akan terjadi adalah sikap menyerah dalam bisnis. Bisnis jelas tidak akan pernah berjalan apalagi berkembang dengan mindset seperti itu saat terjadi masalah. Jadi pastikan untuk meluruskan niat supaya mindset yang bekerja di otak tidak sampai salah.

Penerapan Niat Yang Tepat Saat Memulai Bisnis Jualan

Agar bisnis jualan yang dilakukan bisa berjalan seiring dengan keinginan, maka mulai saat ini kita harus mengganti mindset yang dimiliki. Sebagai contoh dari pergantian mindset yang tepat adalah seperti berikut:

  • Untuk yang tidak bisa jualan

Niat yang harus diubah tentu tentang tujuan dari bisnis jualan yang dilakukan. Jika bisnis jualan hanya mengharapkan untung besar tanpa menghiraukan pemenuhan kebutuhan konsumen, maka bisa dipastikan usaha tidak akan pernah berhasil. Pastikan bisnis jualan yang dilakukan berlandaskan pemenuhan kebutuhan masyarakat agar sehingga bisnis bisa berjalan dan berkembang.

  • Untuk yang tidak bisa menawarkan produk pada konsumen

Ketika Anda menawarkan produk, hendaknya mengubah niat yang dimiliki menjadi sarana bertukar pengalaman atau bertukar ilmu. Hal ini membuat Anda tidak akan merasakan sakit hati ketika ditolak oleh konsumen.

Usahakanlah pada saat penawaran produk sedang Anda lakukan, bayangkan jika sedang memberikan ilmu, pengalaman, atau solusi yang bisa memenuhi kebutuhan konsumen tersebut. Saat ada yang menolak, maka Anda bisa tersenyum karena ada orang yang mau diberi solusi atas kebutuhan yang dimiliki malah menolak.

  • Untuk yang takut akan teknologi

Ubahlah mindset yang Anda miliki tentang pembuatan website, pemrograman yang ada. Ingat jika teknologi adalah sebuah sarana yang mempermudah hidup. Jelas keberadaannya bukanlah untuk menyusahkan Anda. Kini belajar memanfaatkan teknologi bisa dari mana saja. Mulai dari kursus, bertanya pada teman, hingga Youtube bisa menjadi mentor Anda dalam belar pemanfaatan teknologi untuk menunjang bisnis jualan online.